Iklan

Sabtu, 29 April 2017

FISIOTERAPI DAN PENGOBATAN TRADISIONAL KHUSUSNYA PIJAT REFLEKSI




Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat hidayah dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah sistem medis dan pengobatan tradisional khususnya pijat refleksi.
Penyusun berharap tulisan ini bisa memberikan wawasan luas untuk memahami tentang kegunaan pijat refleksi. Selain itu penyusun berharap tulisan ini dapat menjadi dasar pengantar dan pemenuhan materi perkuliahan ilmu sosial budaya dasar.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini masih jauh dari kesempurnaan maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat sangat membangun, penulis mengharapkan demi kesempurnaan makalah ini dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu penyusunan tulisan ini. Semoga Allah SWT memberkati kita semua.



Daftar Isi







Di zaman yang sudah serba modern ini, penyakit biasanya diobati melalui cara medis. Tetapi ada juga yang melalui jalan alternatif di tengah ilmu pengetahuan yang semakin lama semakin maju. Buku ramuan obat tradisional dan pijat refleksi ini disusun dari berbagai sumber dengan tujuan untuk membantu mengatasi penyakit yang anda derita.
Pada dasarnya semua makhluk hidup pasti pernah merasakan sakit. Banyak sekali jenis penyakit yang sering diderita oleh manusia. Dari penyakit yang ringan sampai yang benar-benar serius. Namun, Tuhan menciptakan selalu berpasang-pasangan sehingga penyakit pasti ada obatnya.

1.      Apa pengertian pijat refleksi?
2.      Apa saja tekhnik pijat refleksi?
3.      Apa saja yang dapat disembuhkan oleh pijat refleksi?
4.      Apa saja manfaat pijat refleksi untuk ibu hamil dan nifas?


1.      Untuk mengetahui pengertian Pihat refleksi
2.      Untuk mengetahui apa saja tekhnik pijat refleksi
3.      Untuk mengetahui penyakit yang dapat disembuhkan oleh pijat refleksi
4.      Untuk mengetahui manfaat pijat refleksi untuk ibu hamil dan ibu nifas




Pijat refleksi adalah cara memijat tangan dan kaki serta anggota tubuh yang lain dengan mengarah pada titik pusat urat-urat saraf. Di dalam aktivitas kita sehari-hari tiap manusia menjalani profesinya masing-masing,ada yang berprofesi menjadi guru,polisi,dokter,bahkan sampai ke petani. Dari profesi di atas pasti setalah pulang beraktivitas tubuh kita terasa lelah,pegal,dan semangat kerja jadi terganggu.
Di seluruh tubuh manusia terdapat banyak sekali daerah-daerah refleksi,misalnya di tangan.Tangan mempunyai hubungan yang erat dengan organ tubuh yang lain. Disaat tubuh kita terasa pegal-pegal pasti tangan kitapun ikut merasakannya. Ditelapak tangan juga bisa dilihat bagaimana kondisi atau keadaan tubuh kita. Dengan cara memijat tangan kita bisa mengurangi beberapa presentase rasa sakit ditubuh kita.
Tangan mempunyai hubungan dengan tubuh. Kemudian didalam tubuh manusia ada dua organ yang mengusai tubuh, yaitu prgan jantung dan otak. Dua organ ini mempunyai fungsinya masing-masing di dalam tubuh manusia. Otak berfungsi sebagai pemberi isyarat dan jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh.
Kedua telapak tangan kita terdapat banyak sekali jaringan saraf, hal tersebut menjadikan tangan kita sangat sensitiv apabila terkena apapun. Kemudian sebaliknya apabila di dalam tubuh kita terdapat penyakit, isyarat tersebut langsung tersampaikan keotak melalui saraf, dan dari otak langsung di isyaratkan menuju tangan. Dari hal tersebut kita dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit kita dengan cara memijat daerah-daerah tertentu pada tangan kita.
Banyak sekali sebenarnya keuntungan memijat tangan, selain mudah juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu tangan juga mempunyai hubungan dengan syaraf. Didalam tubuh manusia terdapat 12 jalur/ meridian syaraf dan masing-masing mempunyai hubungan dengan organ-organ di dalam tubuh kita.

B.     Bagian Syaraf Pijat Refleksi
Diantaranya ada 6 jalur atau meridian syaraf yang melalui tangan kita.

1.      Jalur paru-paru : titik sau sang yang berada di sisi luar pergelangan antara ibu jari. Jalur ini sangat erat hubungannya dengan paru-paru yang mengatur sistem pernafasan. Titik ini apabila di pijat terasa sakit itu di pastikan terkena penyakit flu, asma / infeksi bronkitis. Bila ibu jari kanan yang sakit berarti organ pernafasan sebelah kanan yang sakit. Demikian pula sebaliknya ibu jari sebelah kiri berhubungan dengan pernafasan sebelah kiri.
2.      Jalu usus besar : titik sang yang, terletak di bawah kuku jari telunjuk. Titik ini apabila dipijat terasa sakit berarti sistem pencernaan terganggu.

3.      Jalur pembungkus jantung : dari titik cong zhong, letaknya di bawah kuku jari tengah. Jalur ini mempengaruhi kegiatan jantung, peredarah darah, dan berhubungan dengan usus kecil. Titik ini apabila di pijat terasa sakit berarti orang tersebut menderita diare karna karna gelisah.
4.      Jalur san chiau : titik kwan zhong, letaknya di bawah kuku jari manis. Jalur ini berfungsi mengatur sistem hormon dan sistem limfa. Titik ini apabila di pijat terasa sakit berarti kondisi tubuh dalam keadaan panas atau dingin.
5.      Jalur jantung : titik shau zhong, letaknya di bawah kuku jari kelingking sebelah dalam. Jalur ini mengatur fungsi jantung dan peredaran darah. Pijatlah titik ini apabila terjadi ketidaklancaran organ dalam yang disebabkan oleh pikiran yang stres.
6.      Jalur usus kecil : titik shau zhe, letaknya di bawah kuku jari kelingking sebelah luar. Titik ini apabila di pijat terasa sakit bisa jadi anda menderita sembelit.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak organ yang memerlukan darah agar dapat berfungsi dengan normal. Tubuh manusia memerlukan gizi (oksigen,antibiotik,hormon,sari-sari makanan,dll) dan gizi tersebut ada di dalam darah. Selain itu darah berfungsi sebagai alat pengangkut kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh. Dari hal tersebut dapat di simpulkan bahwa semakin lancar aliran darah seseorang maka makin sehat pula kondisi tubuh orang itu.
Seperti juga tangan , kaki juga memilikintitik saraf yang dapat pula anda pijet sebagai upaya meringankan sakit yang ada derita. Buku kesembuhan melalui pijat refleksi karangan mark.S hal 50 dan 51 memuat gambar titik-titik refleksi di kaki sebagai berikut :



Banyak cara untuk memijat ada yang menekan keras, sedang, dan ringan. Memijat ada juga yang mengunakan beras tujuannya agar beras tersebut bisa menekan terus menerus pada daerah yang sakit. Ada juga yang mengunakan bend yang timpul,ada juga yang mengunakan api rokok yang agak di dekat kan pada daerah yang sakit dan di ulangi beberapa kali tapi awas jangan sampe terbakar.
Memijat bisa juga menggunakan minyak. Hal ini bertujuan agar kulit tidak lecet ketika di pijat pada waktu di pijat apabila orang itu meras sakit pada bagan yang di pijat , hal terssebut malah lebih baik .tapi semua itu tergantung dari kekuatan orang yang menahan rasa sakit akibat di pijat tersebut , lebih baik jangan terlalu di paksakan dan suruh orang tersebut untuk beristirahat.
Pada daerah refleksi yang berada di kaki, cara untuk memijit nya adalah dari bawah keatas dan yang terdapat pada sekitar betis cara memijat nya mengarah ke jantung. Dimanaa arah darah mengalir ke situlah arah memijat yang benar. Lain halnya bagi orang tua perlu beberapa kali memijat agar cepat sembuh sedangkan anak muda kadang hanya dengan sekali – dua kali pijat sudah bisa sembuh.
Reaksi yang mungkin timbul pada waktu kita memijat, organ yang terkena oijatan bisa di rasakan bereaksi. Tapi tidak perlu kuatir karena biasanya reaksi tersebut akan cepat hilang. Kemudian lanjutkan saja memijat. Di bawah ini beberapa contoh penyakit dan reaksi yang timbul akibat di pijat . Contoh cara pemijatan kaki-tangan :

Penderita sakit punggung atau pinggang, biasanya setelah dipijat kira-kira selama 3 hari dan hari berikut nya punggung makin terasa sakit. Ini berarti pertanda baik yang berartinya peredaran darah sudah lancar. Ada juga yang suhu tubuh nya tinggi marena memijat daerah refleksi kelenjar. Atau di dalam tubuh sedang terinfeksi. Lanjutjkan saja memijat. Ada pula yang dipahanya timbul luka atau borok  hal ini berarti kotoran didalam tubuh tidak bisa di buan secra lancar atau normal, sehingga di buat melalui luka atau borok tersebut. Yang lain seperti, urat darah menonjol ( hal ini berarti aliran darah  makin lancar), tumit bengkak(hal ini di sebabkan karena kelenjar nya masih terhambat), dan salah satu organ ada yang sakit( hal ini di sebab kan rintangan peredsrsn darah yang sudah berhasil di bobol). Pada penderita sakit ginjal yang sering terjadi setelah di pijat adalah kadang-kadang bisa mengeluarkan urine yang bewarna coklat atau merah. Namun anda tidak perlu kuatir karena ini gejala yang baik, teruskan saja memijat.
            Beberapa penyakit ysng mudsh sekali di sembukan: mengompol, infeksi sendi,otot kejang, sakit kepala,pilek atau flu,wasir,sakit jantung, dll penyakit yang tidak diketahui oleh dokter
            Penyakit yang tidak bisa disembukan melalui pemijatan ini seperti ,pemain sepak bola yang bermain bola terlalu keras sehingga tapi seperti mati rasa, kanker,terlalu banyak makan obat sehingga saraf nya sudah kebal,urat saraf nya sudah mati,stroke,sehingga urat saraf nya rusak tidak ada lagi reaksi ketika di pijat
            Hal yang harus diperhatikan :
1.      Sebaiknya pada penderita tulang di pijat dengan keras agar cepat sembuh
2.      Bagi penderita seperti kencing gula, jantung,lifer,kanker, cara pemijat nya jangan terlalu keras. Setiap daerah refleksi di pijat boleh lebih dari 2 menit
3.      Dalam waktu satu jam setelah makan jangan memijat
4.      Minum lah 2 sampai 3 gelas air putih selesai di pijat
5.      Untuk penyakit yang gawat dan parah sebaiknya pemijatan dilakukan oleh Para Profesional atau paling tidak dalam pengawasan ahli.


1.      Amandel
Ada 3 bahan untuk membuat ramuan obat amandel :
1.      Dua buah mengkudu dan madu murni secukupnya. Mengkudu di peras kemudia di saring ditambahkan sedikit air panas. Kemudian campur dengan madu dan aduk hingga rata, obat ini di minum 3x sehari, terlebih dahulu kumurkan kemudian beberapa menit di telan.
2.      Tiga buah jeruk nipis, peras jeruk nipis kemudian berikan sedikit kapur sirih dan aduk rata minum sebelum tidur pada malam hari dilakukan selama tiga hari berturut-turut.
3.      15 gr kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok minyak perment. Rebus kulit manggis dengan dua botol air sampai mendidih kemudian teteskan minyak perment aduk hingga rata. Terlebih dahulu di kumurkan kemudia di telan.


2.      Ambeien
Ada 2 bahan ramuan untuk membuat obat ambeien :
1.      6gr daun keji beling, 6gr meniran, 1gr asam kawak, 3gr temulawak, semua bahan di rebus dengan satu liter air sampai tersisa setengah liter,minum 3x sehari.
2.      Daun pepaya atau daun kates yang tidak terlalu tua sore hari di tumbuk halus di seduh dengan air panas peras dan saring, pagi hari minum sampai habis
Anjuran, jangan terlalu banyak makan daging, pedas, keras, alkohol. Banyaklah istirahat makan sayur dan buah-buahan.

3.      Anemia (tolong diedit pinggirkan luruskan dg ambien)
Penderita penyakit ini di anjurkan lebih banyak mengkonsumsi makanan mengandung zat besi, 2 bahan yang dapat di pakai adalah, Pertama, satu buah jeruk nipis, bayam duri segenggam, kuning telor ayam kampung, madu murni 1 sendok makan. Bayam di tumbuk ambil airnya kuning telor dan madu semua di aduk hingga rata. Minum setiap pagi selama 5 hari.



Kedua, 25gr daun kacang, 25gr daun ketela pohon atau singkong , 25gr daun bayam, 25gr daun pepaya muda, kelapa, dan garam secukupnya. Di rebus kemudia dimakan di siang hari.

4.      Alergi
Bahan-bahan yang dapat di buat ramuan :
1.      6gr daun sirih yang bertemu uratnya, 1 potong bangle, 1 sendok teh minyak kayu putih. Tumbuk daun sirih dan bangle tumbuk sampai halus campur minyak kayu putih aduk sampai rata. Oleskan secara merata pada kulit yang terkena alergi, reaksinya panas dan perih.

5.      Asma
Ditandai dengan rasa sesak pada waktu bernapas. Bahan yang dikumpulkan 3 tangkai daun seledri, 9 lembar daun randu, garam dan gula aren secukupnya. Semua bahan tadi dijadikan satu kemudian ditumbuk sampai halus ditambahkan air ½ gelas, dan aduk sampai rata. Diminum sebelum tidur dan lakukanlan minimal 3 hari secara berturut-turut
Kedua, 5 siung bawang putih dan 1 sendok makan madu asli. Iris bawag putih dengan 1 gelas air hingga tersisa ½ gelas, kemudian campur madu dan aduk hingga rata. Minum pada pagi hari dan langsung habis selama seminggu




Refleksiologi merupakan seni penyembuhan yang tidak invasif yang bertujuan mengembalikan keseimbangan tubuh dan mempertahankan kesehatan tubuh. Bagi wanita hamil, refleksiologi bisa membantu mengurangi ketegangan dan memberikan relaksasi yang diperlukan selama kehamilan. Obyek pijat utamanya adalah telapak kaki dan tangan, lebih tepatnya titik-titik refleksi (pressure points).

Dari kelelahan sampai morning sickness. Ibu hamil mana yang tak mengeluh penat pada bagian tungkai dan kaki? Anda tentu setuju, kaki adalah harta paling berharga, terutama karena beban tubuh Anda dan janin perlu sokongan kaki-kaki yang kuat dan sehat. Selain itu, beberapa pakar menemukan, refleksiologi terbukti meringkankan keluhan ibu hamil di tiap trimester seperti:
1.      Trimester pertama. Rasa mual dan muntah ibu hamil di trimester awal dapat diringankan atau bahkan diatasi dengan melakukan terapi pijat refleksiologi. Sebab, dapat mengembalikan keseimbangan tubuh, mengatasi kelelahan dan mencegah morning sickness calon ibu.
2.      Trimester kedua. Melakukan refleksiologi secara rutin mengoptimalkan kesehatan ibu hamil. Bahkan, di setiap minggu, terapis dapat memberikan program pijat refleksiologi dengan penekanan yang berbeda. Berikut manfaatnya untuk setiap minggu kehamilan di bawah ini:
a.       Minggu ke-13 – 14      : relaksasi dan mengatur fungsi kelenjar tiroid. 
b.      Minggu ke-15              : mengatasi kelelahan area panggul, melancarkan
  sirkulasi darah serta metabolisme tubuh.
c.       Minggu ke-18              : memperkuat saraf tulang belakang dan area panggul.
d.      Minggu ke-20              : memperkuat imunitas dan memelihara keseimbangan
  fungsi-fungsi tubuh ibu secara menyeluruh.
e.       Minggu ke-24              : memperkuat fungsi kelenjar pankreas dan memelihara
  keseimbangan hormonal bahkan mencegah diabetes
  gestasional (diabetes yang hanya terjadi selama hamil)
f.       Minggu ke-26              : memeliihara keseimbangan kerja dan fungsi kelenjar
  pankreas, usus dan kelenjar tiroid.
3.      Trimester ketiga. Mempersiapkan ibu dan janin untuk siap menghadapi proses persalinan. Jika posisi janin sungsang,  pijat refleksiologi dapat merangsang janin berputar dan masuk jalan lahir. Pijat refleksiologi yang rutin dan tepat juga mendukung aliran oksigen dan nutrisi lebih lancar untuk ibu dan janin.
4.      Paska kelahiran
a.       Membantu rahim lebih cepat kembali ke ukuran normalnya
b.      Membuat payudara tidak terlalu membengkak
c.       Membantu proses laktasi
d.      Depresi paska melahirkan juga jarang ditemui pada ibu yang melakukan pijat refleksi secara rutin.
Kondisi yang tidak disarankan. Layaknya saran melakukan olahraga saat hamil, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan Anda melakukan refleksiologi saat hamil, yakni bila Anda:
1.      Calon ibu mengalami deep vein thrombosis atau DVT (pembekuan pembuluh darah vena).
2.      Ada riwayat atau risiko melahirkan prematur, yakni kurang dari 37 minggu
Risiko preeklampsia.
3.      Calon ibu mengalami hydroamnios, yaitu jika ada terlalu banyak cairan amniotik dalam kandungan.
4.      Calon ibu mengalami placenta abruption (plasenta lepas dari dinding rahim).
Terjadi atau ibu pernah mengalami perdarahan.





Pijat refleksi adalah cara memijat tangan dan kaki serta anggota tubuh yang lain dengan mengarah pada titik pusat urat-urat saraf. Banyak cara untuk memijat ada yang menekan keras, sedang, dan ringan.
Memijat ada juga yang mengunakan beras tujuannya agar beras tersebut bisa menekan terus menerus pada daerah yang sakit. Ada juga yang mengunakan benda yang tumpul, ada juga yang mengunakan api rokok yang agak di dekat kan pada daerah yang sakit dan di ulangi beberapa kali tapi awas jangan sampe terbakar.Memijat bisa juga menggunakan minyak. Hal ini bertujuan agar kulit tidak lecet ketika di pijat.
B.     Saran
Dengan membaca makalah ini, semoga dapat menambah pengetahuan bagi penulis dan pembaca tentang ilmu sosial budaya dasar



Atmojo,Tri. Pijat Refleksi dan Aneka Ramuan Tradisional Untuk Kesembuhan Segala Penyakit cetakan pertama. 2008. Yogyakarta: Media Pressindo

Nilawati, Sri, dkk. 2008. Care Yourself, Kolesterol. Jakarta: Niaga Swadaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar